Bertahan Dalam Dunia Usaha Yang Kompetitif

Dunia bisnis bukan untuk mereka yang lemah atau mereka yang selalu akan menangis dan emosi jika kehilangan konsumen. Mereka yang memilih untuk terjun kedunia bisnis harus menyadari bahwa aka nada banyak tantangan dan rintangan yang akan ditemui ketika memutuskan terjun ke dunia usaha salah satunya kehilangan konsumen karena persaingan yang sangat ketat. Jika Anda tidak siap untuk tantangan dan rintangan tersebut mungkin bisnis bukanlah area yang tepat untuk Anda. Namun, jika Anda bertekad untuk masuk ke dalam dunia bisnis, saya telah mengumpulkan beberapa tips yang mungkin berguna.

·         Jangan Kehilangan Fokus – Banyak pebisnis pemula yang akan cepat frustasi ketika mereka dihadapkan pada persoalan yang datang ketika menjalankan bisnisnya. Tidak jarang mereka akan memutuskan berhenti di tengah jalan sehingga mereka gagal. Ingat ketika anda memutuskan untuk berbisnis bahwa di situ ada tujuan akhir yaitu kesuksesan, jadi tetaplah focus pada tujuan tersebut. Jadikan masalah yang datang sebagai pelajaran untuk melangkah lebih baik lagi.
·         Jadilah Orang Yang Dipercaya – Kepercayaan sangatlah penting dalam dunia usaha karena itu jadilah orang yang bisa dipercaya oleh para klien anda. Apa yang anda katakana atau janjikan harus sesuai dengan kenyataan. Sekali saja konsumen anda kecewa atau merasa dibohongi maka anda akan kehilangan mereka selamanya.
·         Bersikap Profesional – Jangan pernah membawa permasalahan pribadi anda ke dalam bisniss. Apa pun masalah yang anda hadapi baik masalah rumah tangga dan lain sebagainya, tetaplah bersikap professional di hadapan klien anda.
·         Jangan Pernah Menunda -  Menunda suatu pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan adalah kebiasaan yang buruk yang dapat merugikan anda sendiri. Kita tidak akan pernah tau sesuatu akan terjadi kemudian atau pekerjaan baru akan dating, jadi berhentilah menunda dan kerjakan apa yang seharusnya dikerjakan.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat bagi para pebisnis pemula seperti saya sehingga kita mampu bertahan di tengah persaingan dunia usaha yang begitu ketat dan kompetitif.

No comments:

Post a Comment